Terinspirasi dari soal yang diberikan oleh Dosen Kapita Selekta ku yaitu
“coba jelaskan mengapa negatif dikalikan negatif hasilnya positif?”
Nih saya coba jelasin kenapa hal itu bisa terjadi...
Pertama - tama, kita harus kembali ke definisi 'apa artinya bahwa suatu bilangan itu positif' dan 'apa artinya bahwa suatu bilangan itu negatif'. Saya rasa kita semua setuju dengan definisi bahwa satu bilangan x dikatakan positif jika dan hanya jika (↔) x > 0. Satu bilangan x dikatakan negatif jika dan hanya jika (↔) x < 0. Nah, dari sini, kita bisa melihat bahwa kita harus melihat x sebagai satu elemen dari set yang memiliki order. Bahasa matematikanya, we can induce an order in the set, so that it becomes an ordered set. Jadi, mari kita asumsikan bahwa x adalah element dari ordered commutative ring. Ordered commutative ring adalah commutative ring R yang adalah juga ordered set yang juga memiliki sifat - sifat berikut: - jika x, y, z adalah element R dan y < z, maka x + y < x + z. - jika x, y adalah element R dan x > 0 dan y > 0, maka xy > 0.
Untuk setiap element x dalam R, kita memakan notasi (-x) sebagai additive inverse untuk x. Dengan kata lain, (-x) adalah satu - satunya bilangan di R di mana x + (-x) = (-x) + x = 0.
Nah, dari sini, kita bisa membuktikan beberapa properti berikut (untuk setiap poin, asumsikan bahwa x, y, z adalah element di R):
Kalau x > 0, maka -x < 0 and vice versa. Pembuktian: Kalau x > 0, maka 0 = (-x) + x > - x + 0, maka (-x) < 0. Kalau x < 0, maka (-x) + x < -x + 0, maka -x > 0.
Kalau x > 0 dan y < z, maka xy < xz. Pembuktian: Karena z > y, maka z - y > y - y = 0. Maka, x(z / y) > 0, dan
xz = x(z - y) + xy > 0 + xy = xy.
Kalau x < 0 dan y < z, maka xy > xz.
Bukti: Dari dua properti di atas dan properti bahwa (-x) adalah satu - satunya bilangan di R di mana x + (-x) = 0, maka
-[x(z - y)] = (-x)(z - y) > 0.
Dari sini, kita dapat melihat bahwa x (z - y) < 0 dan xz < xy. Dari properti yang ketiga, kita substitusikan z = 0. Maka kita dapatkan bahwa xy > 0. Dari sini, kita dapat melihat bahwa perkalian dua bilangan negatif memberi bilangan positif.
hhhh... masih bingung ya??? Okey,, saya coba menjelaskan dengan cara yang lebih gampang..
Hukum perkalian adalah:
a x b = b+ b+ b...... sebanyak a kali...
Ilustrasi lebih mudah dengan angka
5 x 6 = 6 + 6 + 6 + 6 + 6= 30
atau lebih rincinya :
(+5) x (+6) = +(+6) + (+6) + (+6) + (+6) + (+6)= +30
Sehingga untuk yang lainya adalah :
(+5) x (+6) = +(+6) + (+6) + (+6) + (+6) + (+6)= +30
(+5) x (-6) = +(-6) + (-6) + (-6) + (-6) + (-6)= -30
(-5) x (+6) = -(+6) - (+6) - (+6) - (+6) - (+6)= -30
(-5) x (-6) = -(-6) - (-6) - (-6) - (-6) - (-6)= 30
-(-a) dibaca negasi dari negasi a ,
disini kita perlu memahami operator biner, sehingga
jika a=1 maka negasi a=0
hasilnya adalah negasi dari negasi a=1
Sumber: http://himatelittelkom.blogspot.com (dengan pengubahan)
Anita Herdiana (155)
skip to main |
skip to sidebar
Sabtu, 23 April 2011
Blog Archive
-
▼
2011
(27)
-
▼
April
(27)
- Teorema Pytagoras
- Cara Install Photoshop CS4
- Perkembangan Teknologi Informasi
- Etika BerInternet dan ber e-mail
- Cara Install Antivirus Avira
- Bilangan yang Mempesona
- Tokoh Matematika
- Operasi Perkalian dengan Jari Tangan
- penerapan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari
- Sensasi Microsoft World
- Batu secret zoo
- SEKILAS TENTANG JAWA TIMUR PARK MALANG
- Aplikasi Matematika
- Jenis web based learning berdasarkan tingkat inter...
- 10 antivirus terbaik
- Sejarah Matematika
- Kalkulus
- Sejarah Kota Malang
- Cara Membuat Saling Sapa
- PerBedaAn Kota Malang Lama Dengan Malang Baru
- Membuat Daftar Isi (Table of Contents) di Word 2007
- Cara Menampilkan Format Angka Excel di Mail Merge ...
- Taman Wisata Wendit
- Bakso Khas Malang Dijamin Ueenaakk
- Sejarah Geometri Matematika
- Negatif Dikalikan Negatif Kenapa Bisa Positif?
- Elegi Pengakuan Para Matematika
-
▼
April
(27)
Labels
- Asli Malang (5)
- Mathematics Education (12)
- TIK (8)
Statistik
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
Diberdayakan oleh Blogger.
Labels
- Asli Malang (5)
- Mathematics Education (12)
- TIK (8)
Category list
- Asli Malang (5)
- Mathematics Education (12)
- TIK (8)
Popular Posts
-
Ketika kita mengoprasikan bilangan perkalian suatu bilangan lebih besar dari angka 5 dapat dipastika kita akan melakukan proses yang sanga...
-
Permulaan geometri terawal yang direkodkan boleh dijejak ke Mesopotamia purba, Mesir , dan Lembah In...
-
Penerapan Matematika dalam Trigonometri. Pelajaran trigonometri dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari hari disini saya akan mencontoh t...
-
Menjelang Liburan tiba, tempat wisata menjadi tujuan utama dari para pelancong untuk merefreshkan fikiran untuk melepas penat selama setah...
-
Matematika1: Aku adalah matematika. Matematika ya matematika. Aku bukanlah ilmu alam. Tetapi sebetul-betulnya aku adalah ilmu tentang bi...
-
Matematika prasejarah Tulang Ishango , dari 18000 20000 SM . Asal mula pemikiran matematika terletak di dalam konsep bilangan, bes...
-
Bakso Malang memang terkenal enak. Nggak cuman pentol aja lho ! Ada Kikil, paru, usus, tahu, gorengan dan siomay mantappp tenan untuk disan...
-
Ada satu permasalahan yang muncul di dokumen utama mail merge saat menggabungkan data dari Excel yang berupa angka. Seperti contoh gambar d...
-
Teorema pytagoras menyatakan bahwa dalam segitiga ABC, jika < A siku-siku maka a2 = b2 + c2 Dalam segitiga ABC berlaku hubungan panja...
-
Sejarah perkembangan kalkulus bisa ditilik pada beberapa periode zaman, yaitu zaman kuno , zaman pertengahan , dan zaman modern . Pada per...
Followers
About Me
- Matkom Sun Shine
- Malang, Jawa Timur, Indonesia
- Kami adalah wanita-wanita secerah mentari yang sinarnya dapat membawa kehidupan di dunia.. ^-^ Kami adalah wanita-wanita yang tak pernah letih mengerjakan tugas-tugas,, seperti matahari yang tak pernah letih mengerjakan tugasnya untuk menyinari bumi,,, ^_^
Cari Blog Ini
Copyright (c) 2010 Matkom Sun Shine. Design by Cindy Indra Amirul Fiqri
Themes By Cindy Indra Amirul Fiqri.
Themes By Cindy Indra Amirul Fiqri.
0 komentar:
Posting Komentar