Senin, 25 April 2011

Aplikasi Matematika

Matematika itu sangat banyak fungsinya, tidak hanya dipakai sebagai alat hitung saja,,namun matematika bisa juga di jadikan sebagai permainan yang menarik salah satunya yaitu bermain rubik,,,permainan rubik pertama kali di temukan oleh seorang dosen bernama Erno Rubik.
 foto penemu rubik

Erno Rubik adalah seorang dosen di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest. Beliau memiliki minat dalam geometri, dalam studi tentang bentuk-bentuk 3D, dalam konstruksi dan dalam mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan yang tersembunyi kombinasi bentuk dan bahan, bukan hanya secara teori, tapi juga dalam praktiknya.

Dalam perjalanannya, Erno Rubik lebih suka mengkomunikasikan ide-idenya dengan menggunakan model nyata, terbuat dari kertas, kardus, kayu atau plastik, dan menantang murid-muridnya untuk melakukan percobaan dengan memanipulasi bahan yang dan dimanipulasi, akan menghasilkan berbagai bentuk yang bermanfaat.

Manfaat rubik tidak hanya untuk memuaskan batin saja,,,namun rubik mempunyai fungsi dan manfaat yang banyak seperti:

Pertama, melatih saraf sensorik, ketika anda belajar mengenali warna dan pola dari bentuk 3D rubik. Kemudian, saraf motorik juga akan terlatih, karena koordinasi jari-jari tangan dalam bermain, terutama dalam melakukan speedcubing (bermain dengan kecepatan tinggi). Lebih jauh, rubik’s cube akan melatih daya ingat ketika si pemain melakukan memorisasi pola-pola tertentu untuk menyelesaikan rubik yang teracak. Dan, terakhir, permainan ini akan melatih logika geometri atau susun bangun dalam kerangka otak pemain rubik.

Ingin Tau Cara Bermain Rubik 3X3 clik aj disini:

www.youtube.com/robertmingliang





oleh: uswatun hasanah dwicahyani (151)

0 komentar:

Posting Komentar